Kamis, 23 Agustus 2012

Senyuman Adalah Paling Cantik

Ada seorang ibu miskin yang telah bercerai dari suaminya dan harus mencari nafkah sendiri untuk menghidupi anaknya. Pernah sekali, karena ingin meluaskan pandangan anaknya, agar dia dapat melihat dunia yang
indah, maka dia membawa anaknya jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, supaya dia dapat mengenal segala macam barang.

Barang-barang dalam pusat perbelanjaan sungguh beraneka ragam, ada berbagai macam mainan: beruang kecil, kucing kecil, boneka, robot, dan lain sebagainya. Anaknya sungguh penurut, dia sudah merasa senang asal ibu membawanya melihat-lihat ke sana ke mari.

Suatu hari, dia melihat ada orang sedang mengambil foto. Anak ini tiba-tiba menarik tangan ibunya dan berkata: “Bu, aku juga ingin foto!” Ibu ini mengelus kepala anaknya sambil membereskan rambutnya, dengan lembut mengelus pipi anaknya dan berkata: “Anakku! Kamu lihat pakaianmu ini kurang cantik, bagaimana kalau hari ini jangan foto dulu?”

Anak ini baru berusia 5 atau 6 tahun, namun ternyata dia menjawab ibunya: “Bu, tidak ada pakaian cantik untuk dikenakan juga tidak apa-apa. Walau pakaianku tidak cantik, namun aku bisa tersenyum, bukankah senyumku sangat cantik?”

Setelah mendengar perkataan itu, ibu merasa sedih, sebab dia tidak pernah memberikan pakaian cantik untuk dikenakan oleh anaknya, namun semua orang mengatakan kalau anaknya sangat menarik. Pada hari itu, ibu baru sadar kalau anaknya sangat menarik dikarenakan mukanya senantiasa dihiasi dengan senyuman.

Senyuman memang paling cantik. Walaupun mengenakan pakaian secantik apa pun, tidak akan lebih cantik daripada senyuman akrab di wajah. Anak berusia 5 atau 6 tahun ini sungguh bijak, dia tahu kalau ibunya sangat bersusah payah, tidak ada uang berlebih untuk dipergunakan, maka dia hanya ingin melihat-lihat di pusat perbelanjaan saja, walau tidak ada pakaian cantik untuk dikenakan, namun dirinya dapat menciptakan rasa keindahan, yaitu senyumannya.

Jika tiada keserakahan dan keinginan berlebihan, hidup kita baru akan terasa memuaskan dan nyaman. Orang yang tahu puas dan nyaman, wajahnya akan senantiasa dihiasi dengan senyum puas, ini berarti hatinya sangat tenang dan terjaga dengan baik. Dalam kehidupan, asal batin tenang dan wajah senantiasa dihiasi dengan senyuman, maka ini adalah kehidupan yang paling indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar